Sabtu, 14 Desember 2013

Visi, Misi dan Tujuan

 
Visi, Misi dan tujuan
Memahami definisi visi, misi, dan tujuan yang kita singkat menjadi visi misi tujuan adalah sangat penting baik untuk keberhasilan individu dan kelompok, kali ini penulis akan membahas tentang Visi misi tujuan kelompok. Visi misi tujuan adalah arah baik kelompok. Kelompok  atau organisasi tidak akan pernah mencapai apa pun jika arah kelompok salah. Untuk memiliki arah yang benar, maka langkah pertamanya kelompok harus memahami apa itu Visi misi tujuan.

Baiklah penulis akan bahas disini definisi masing-masing visi misi tujuan agar kita lebih mudah dalam menentukan arah kelompok kita dan mencapai apa yang kita inginkan. Sebab kita akan lebih mudah mencapai apa yang kita inginkan jika arahnya jelas dan ini dimulai dengan pemahaman apa itu visi misi tujuan.

Definisi Visi Vision: Defines the way an organization or enterprise will look in the future. Vision is a long-term view, sometimes describing how the organization would like the world to be in which it operates. [Sumber Wikipedia.org]

Kata kunci dari definisi visi adalah look atau view yang bisa kita artikan adalah gambaran atau pandangan. Menurut definisi diatas, vision is a long-term view, yang artinya visi adalah gambaran jangka panjang.

Jadi, saat kita bicara Visi kelompok, lihatlah gambaran jangka panjang kelompok yang kita inginkan. Mau kita jadikan kelompok yang seperti apa nanti? Itulah visi kita. Untuk mudahnya, jika kita akan membuat kesepakatan visi, maka kita awali dengan kata “menjadi”. Kita buat gambaran seideal mungkin. Jangan takut untuk tidak tercapai. Ini arah kelompok kita. kita akan menemukan jalan sukses, jika kita sudah mengetahui akan kita bawa pergi kemana kelompok kita.

Definisi Misi Mission: Defines the fundamental purpose of an organization or an enterprise, succinctly describing why it exists and what it does to achieve its Vision. [Sumber Wikipedia.org]

Berbeda dengan visi, misi adalah “fundamental purpose” atau tujuan dasar dari sebuah kelompok.
Misi menjelaskan apa alasan keberadaan dan apa yang dilakukan untuk mencapai visi kelompok. Misi adalah cara untuk mencapai visi. Intinya adanya kelompok untuk apa? Keberadaan kelompok itu untuk apa?

Definisi Tujuan:
A goal or objective is a desired result a person or a system envisions, plans and commits to achieve—a personal or organizational desired end-point in some sort of assumed development. Many people endeavor to reach goals within a finite time by setting deadlines. [Sumber Wikipedia.org]

Tujuan dalam bahasa Inggris disebut goal atau objektif. Tujuan adalah hasil yang diinginkan untuk waktu tertentu. Bedanya dengan misi ialah, jika misi berbicara tentang tujuan keberadaan organisasi, sementara tujuan memiliki cakupan lebih kecil dan merupakan bagian dari misi. Jika misi disebut tugas, maka tujuan adalah tugas-tugas kecil yang merupakan bagian dari misi. Jadi visi misi tujuan adalah sistem dasar kelompok atau organisasi. Sistem ini sangat berguna agar organisasi lebih terarah dan bermakna. Ya, organisasi perlu membuat visi misi tujuan,  jika kita ingin memiliki kelompok atau organisasi yang lebih bermakna.

Penulis
Mr. A

0 komentar:

Posting Komentar